Scroll to Top
Peluang Usaha

Usaha Modal 2 Juta dan Bisa Dijadikan Bisnis Rumahan

Contoh Usaha Modal 2 Juta, Coba Bisnis Rumahan ini

Usaha Modal 2 JutaCari usaha dengan modal di bawah 2 juta?? gampang… cari saja bibit ayam kampung dengan jumlah sesuai modal lalu kita ternakkan atau dikandangkan di pekarangan rumah. Pada mumnya ayam kampung biasa diternakkan oleh warga di desa-desa dengan cara diliarkan atau mencari makan sendiri dan tetap diberi makan tetapi kadang tak teratur. Potensi ayam kampung sangatlah besar, mengingat harga ayam kampung di pasaran bisa dua kali lipat lebih dibanding ayam pedaging.

Jika pemeliharaan dengan cara diliarkan maka waktu pemanenannya akan lumayan lama, maka alteratif untuk mempersingkat masa panennya adalah dengan mengkandangkan ayam kampung ini. Dengan perawatan intensif ini maka hasil yang diperoleh akan bisa maksimal. Meski dengan Usaha modal 2 juta atau 1 juta, kita pun sudah bisa memulai bisnis rumahan ini.

Keuntungan yang cukup menjanjikan dari bisnis beternak ayam kampung ini memang membuat banyak pihak tergoda untuk mencoba menjalankan bisnis ini. Berikut adalah cara praktis beternak ayam kampung yang bisa membantu kita untuk mulai menjalankan Usaha modal 2 juta atau kurang ini:

Pengadaan bibit. Bibit ayam kampung atau Day Old Chicken (DOC) bisa kita dapatkan dengan menetaskan sendiri maupun membelinya dari pebudidaya. Bisa jiga kita mencoba menetaskan sendiri karena ini lebih menguntungkan. Tetapi untuk mampu menetaskan DOC sendiri jelas dibutuhkan keahlian serta perlu ketersediaan mesin penetas telur. Untuk praktisnya, sementara kita bisa membeli langsung DOC ke peternak sambil belajar cara menetaskan DOC sendiri.

Pakan. Pastikan pakan yang kita siapkan terjamin kualitasnya. Begitu pula jika kita membeli pakan instan. Jangan mudah tergoda dengan harga murahnya saja. Kita bisa mencari berbagai referensi agar punya pengetahuan yang lengkap mengenai jenis pakan yang berkualitas untuk DOC.

Kandang. Tentukan dahulu kandang sementara maupun kandang permanen. Yang terpenting perhatikan sirkulasi udaranya agar bisa berjalan baik, cahaya matahari pagi bisa masuk dengan cukup, kelembaban udara terjaga serta suhu udara sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk selalu memastikan kebersihan kandang.

Pencegahan penyakit. Cara untuk menjaga DOC agar tetap dalam kondisi sehat, diantaranya dengan melakukan biosecurity, program sanitasi, maupun vaksinasi.

Pemasaran. Pangsa pasar untuk ayam kampung sangatlah terbuka lebar. Mulai dari warung, pengepul, pembeli ayam kampung keliling, pasar tradisional, bisa juga melalui koperasi peternak ayam. Meskipun baru skala kecil, agar usaha kita bisa berjalan sukses, kita perlu membangun keyakinan bahwa kita mampu menjalankan usaha ini sebaik mungkin. Termasuk kesiapan dalam menghadapi berbagai risiko yang ada. Selanjutnya persiapkan mental serta kemampuan untuk menyingkirkan segala rintangan yang mungkin terjadi. Yang tak kalah penting, lengkapi wawasan dengan banyak membaca berbagai referensi. Termasuk juga sharing dengan mereka yang telah sukses menerjuni Usaha modal 2 juta tersebut.

Dengan modal usaha 2 juta saja, kita bisa mengembangkan sebuah bisnis kecil untuk menjadi besar.

Like it? Share it!

Leave A Response