Scroll to Top
Peluang Usaha

Usaha Budidaya Gurami Kolam Terpal Skala Bisnis Rumahan

Peluang Bisnis Rumahan Budidaya Gurame Kolam Terpal dan Lahan Sempit

Gurame bakar atau gurami goreng, dua menu olahan itu sudah sejak lama menjadi salah satu menu kesukaan masyarakat indonesia. Hal tersebut yang masih lebarnya sebagai pembudi daya ikan gurame. Permintaan ikan gurameh mengalami peningkatan seiring dengan menjamurnya tempat-tempat kuliner di tanah air. Budi daya ikan gurami termasuk investasi yang menguntungkan. Dengan menebar bibit sebanyak 2.000 ekor, pendapatan yang bisa diperolah kisaran Rp40.000.000.
Peluang Usaha Budidaya Gurami Kolam Terpal Lahan Sempit Skala Bisnis Rumahan
Karena memerlukan air berlimpah serta habitat yang cukup luas, budi daya ikan gurame ini dianggap hanya bisa dikelola dengan modal besar. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar, budi daya ikan tawar yang banyak tersedia di pasar tradisional dan modern tersebut bisa diterapkan dalam skala rumah tangga Kolam Terpal dan Lahan Sempit atau dengan kata lain industri mikro bermodal kecil. Jadi, kesempatan serta peluang usaha rumahan untuk komoditas ini masih sangat terbuka lebar.

Salah satu cara membudi daya ikan gurame skala rumah tangga adalah dengan menggunakan media kolam terpal. Lahan yang dipakai bisa di pekarangan rumah atau lahan kosong di sekitar rumah yang bisa kita sewa dengan biaya terjangkau. Perlu diingat, dalam lahan sempit itu jumlah bibit yang dapat dibudi daya terbatas. Ukuran gurame juga turut menjadi pertimbangan kuantitas ikan yang akan dibudi daya dalam kolam terpal. Untuk ukuran kolam 1 meter persegi dengan kedalaman 90 cm dapat diisi 10 ekor ikan gurame dengan bobot 2,5 ons.

Like it? Share it!

Leave A Response