Scroll to Top
Beternak & Budidaya

Teknik dan Cara Budidaya Kedelai di Lahan Sawah

Cara Budidaya KedelaiSeperti yang kita semua tahu akan ketergantungan terhadap kedelai impor kini sangat memprihatinkan, karena semestinya kita mampu mencukupinya sendiri. Ini dikarenakan produktivitas yang rendah dan semakin meningkatnya kebutuhan kedelai. Maka sudah selayaknya jika kita turut berpartispasi dalam budidaya kedelai agar turut mendukung pasokan akan kedelai di dalam negeri bisa tercukupi. Namun, bagaimana kriteria tanaman kedelai dapat tumbuh dengan baik? Simak yang berikut ini.

Syarat Tumbuh Tanaman Kedelai. Tanaman kedelai dapat tumbuh di berbagai jenis tanah asal drainase (tata air) & aerasi (tata udara) tanah cukup baik, curah hujan 100-400 mm/bulan, suhu udara 230C-300C, kelembaban 60%-70%, pH tanah 5,8-7 dan ketinggian kurang dari 600 m dpl.

Lahan untuk Budidaya Kedelai
# Tanah dibajak, digaru kemudian diratakan
# Sisa-sisa gulma dibenamkan
# Buat saluran air dengan jarak sekitar 3-4 m
# Tanah dikeringanginkan selama 3 minggu baru ditanami
# Siram dengan pupuk POC NASA yang telah dicampur air secara merata di atas bedengan dengan dosis ± 1 botol (500 cc) POC NASA diencerkan dengan air secukupnya untuk setiap 1000m² (10 botol/ha). Hasilnya akan lebih bagus jika menggunakan Super Nasa, petunjuk pemakaiannya adalah:

  1. Cara Pertama: 1 botol Super Nasa diencerkan dalam 3 liter air dijadikan larutan induk. Selanjutnya setiap 50 lt air diberi 200 cc larutan induk tadi guna menyiram bedengan.
  2. Cara Kedua: setiap 1 gembor vol 10 lt diberi 1 peres sendok makan Super Nasa untuk menyiram 5-10 meter bedengan.

Teknik dan Cara Penanaman Kedelai

  • Rendamlah benih dalam POC NASA dosis 2 cc / liter selama setengah jam dan campurkan Legin (Rhizobium ) untuk tanah yang belum pernah ditanami kedelai
  • Buatlah jarak tanam antar tugalan berukuran 30 x 20cm, 25 x 25cm atau 20 x 20cm
  • Buatlah lubang tugal sedalam 5 cm dan masukkan biji 2-3 per lubang
  • Tutup benih dengan tanah gembur dan tanpa dipadatkan
  • Waktu tanam yang baik adalah akhir musim hujan

Kedelai akan mulai tumbuh sekitar umur 5 sampai 6 hari, benih yang tidak tumbuh diganti / disulam dengan benih baru yang akan lebih baik jika dicampur Legin. Penyulaman sebaiknya di lakukan pada sore hari.

Penyiangan pertama adalah di umur 2-3 minggu, ke-2 pada saat tanaman selesai berbunga (sekitar 6 minggu setelah tanam). Penyiangan ke-2 ini dilakukan bersamaan dengan pemupukan yang ke-2.

Pembubunan dilakukan dengan sangat hati-hati dan tak terlalu dalam agar tidak merusak perakaran tanaman. Luka pada akar dapat berakibat sebagai tempat penyakit yang berbahaya.

Pemupukan dengan POC NASA diberikan dua minggu sekali ketika tanaman berumur 2 minggu, dengan cara disemprotkan (4-8 tutup POC NASA/tangki).

Semoga tulisan ini bisa menjadi bahan referensi bermanfaat sebelum kita melakukan budidaya kedelai dilahan sawah.

Like it? Share it!

1 Comment so far. Feel free to join this conversation.

  1. Bisnis Rumahan January 25, 2013 at 12:45 pm - Reply

    Keren ni gan infonya.. kalau mau budidaya kedelai pada tanah yang berair kira-kira pertumbuhannya bisa tidak ya ??

Leave A Response