Scroll to Top
Profil

Profil Pengusaha Sukses – Biodata Aburizal Bakrie

Profil dan Biodata Pengusaha Sukses indonesia Aburizal Bakrie

Profil Pengusaha Sukses - Biodata Aburizal BakrieIr. H. Aburizal Bakrie atau lebih akrab dipanggil Ical mencuat di pentas nasional berawal dari dunia bisnis. Beliau adalah putra sulung dari pengusaha H. Achmad Bakrie, kelahiran Jakarta 15 November 1946. Saat ini, Ical memimpin Bakrie Grup, sebuah group bisnis yang dibangun mendiang ayahnya. Kelompok bisnis yang dirintis ayahnya ini bermula saat menjalankan perdagangan rempah-rempah dan hasil perkebunan, khususnya dari darah Provinsi Lampung.

Dalam kepemimpinan Ical, Grup Bakrie tetap eksis dan sanggup bertahan dari badai ekonomi yang ada di tanah air. Sebelum Ia dikenal sebagai pemimpin kelompok usaha ini, Ical adalah pimpinan dari Persatuan Insinyur Indonesia (PII). Di dunia bisnis pula, Ia menjadi Ketua Umum Kadin Indonesia sejak tahun 1994-2004. Posisi beliau di Kadin telah mengantarnya untuk berkecimpung di persoalan-persoalan nasional yang lebih besar ketimbang persoalan-persoalan yang dialami oleh perusahaannya sendiri.

Aburizal Bakrie merupakan “trade mark”-nya Kadin (Kamar Dagang dan Industri). Sebutan itu bukannya tak beralasan. Dalam jangka waktu 10 tahun (periode 1994-1999 dan 1999-2004) memimpin Kadin, Aburizal Bakrie sukses membawa organisasi pengusaha tersebut besar pengaruhnya terhadap pengambilan kebijakan oleh pemerintah.

Setelah memimpin Kadin Indonesia, Ical juga berpartisipasi dalam konvensi calon presiden yang diselenggarakan oleh Golkar pada tahun 2004 dan sempat masuk 7 besar. Walaupun kandas, tapi tampaknya Ia memetik pelajaran bagaimana permainan politik yang sesungguhnya. Dari mencicipi dunia politik itu lalu mengantarnya menjadi salah satu Menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) periode 2004-2009 dengan jabatan sebagai Menko Perekonomian, dan selanjutnya Ia menjabat Menko Kesra.

Aburizal Bakrie juga pernah disebut-sebut sebagai orang terkaya se-Asia Tenggara. Profil Pengusaha Sukses ini terbilang paling gemilang pada 10 tahun reformasi di Indonesia. Tak hanya bisa keluar dari krisis ekonomi yang mengancam perusahaannya, Bakrie Grup, malahan bisa menduduki posisi penting dalam pemerintahan. Keluarga Bakrie pernah juga dinobatkan oleh Majalah Forbes Asia sebagai orang terkaya di Indonesia di tahun 2007. Ia tak membantah tapi juga tak menanggapinya dengan berlebihan.

Apa rahasia sukses usaha dalam keluarga ini? berita heboh itu bertiup dari Singapura. Dari negeri singa itulah, majalah Forbes Asia edisi 13 Desember 2007 dilansir. Isinya, seperti tahun- tahun sebelumnya, menampilkan daftar orang-orang terkaya dari Indonesia. Yang bikin heboh lagi, jawaranya untuk tahun ini yaitu Aburizal Bakrie, pengusaha sekaligus politisi yang pernah tersuruk di masa krisis ekonomi satu dekade silam.

Banyak orang terkesima. Bagaimana mungkin Ical yang sebelumnya masih di urutan ke 6 dengan kekayaan US$ 1,2 miliar, sekarang menyodok ke urutan paling atas? Jawabannya, menurut hasil riset Forbes, terletak pada kemampuannya dalam melipatgandakan pundi-pundi kekayaan yang Ia peroleh.

Hanya dalam waktu setahun, kekayaan keluarga Ical melejit hampir 5 kali lipat dari angka tahun lalu menjadi US$ 5,4 miliar atau sekitar Rp 50,2 triliun! Atas prestasi inilah, Ical langsung menggusur 5 taipan papan atas sekaligus. Pemilik Grup Raja Garuda Mas, Sukanto Tanoto, yang pada tahun lalu dinobatkan sebagai orang terkaya, saat ini turun satu peringkat menajdi urutan runner-up. Profil Pengusaha Sukses ini semoga bisa menjadi inspirasi.

Like it? Share it!

Leave A Response