Scroll to Top
Beternak & Budidaya

Potensi Peluang Usaha Budidaya Bebek Pedaging

Budidaya dan Beternak Bebek Pedaging Serta Potensi Peluang Usahanya

Budidaya Bebek PedagingIngin jadi orang kaya? caranya adalah mudah sekali. Siapkan dana yang cukup, siapkan kandang dengan baik, lalu ternakkan bebek pedaging. Kemudian anda langsung bisa menjadi orang kaya baru. Hanya gurauan saja. Apakah cara kaya semudah itu? bisa saja, asal kita punya tekad keras dan juga kerja keras, semua hal bisa saja terjadi termasuk kaya dari beternak.

Beternak atau budidaya bebek pedaging bisa jadi menyenangkan karena bisa menambah pemasukan yang cukup lumayan. Keuntungan beternak bebek pedaging bila dikalkulasi ternyata cukup menggiurkan, terlebih potensi akan bisnis budidaya bebek pedaging ini tergolong sangat menjanjikan dengan makin dikenalnya aneka makanan dan banyaknya restoran, dan juga warung makan yang menjadikan menu bebek sebagai andalannya.

Sebagai salah satu contoh adalaha di sebuah desa di kota sragen yaitu di desa Celepan Kecamatan Kedawung, bisa kita lihat di sana dimana sebagian besar warganya memilih bekerja sebagai peternak bebek, sehingga desa tersebut mendapat julukan “kampung bebek“. Dilihat dari segi penghasilan ternyata cukup lumayan yaitu mencapai 9 juta perbulan dari setiap Kepala Keluarga yang beternak bebek, menariknya lagi itupun hanya dihitung dari penghasilan telur bebeknya saja. Waoow menggiurkan sekali ya.

Bila kita jeli melihat potensi bebek ini sebenarnya pangsa pasar bebek bukan hanya pada telurnya saja, tapi saat ini permintaan akan daging bebek potong juga semakin meningkat seiring dengan menjamurnya restoran dan warung makan yang menjual menu bebek potong sebagai menu khasnya. Maka tak heran dengan keadaan seperti ini permintaan akan bebek potong juga ikut terangkat naik, terlebih lagi daging bebek punya cita rasa yang unik dan khas.

Dengan melihat potensi ini maka tak salah memilih budidaya beternak bebek pdaging dapat menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Namun, alangkah lebih baiknya jika sebelum terjun memulai beternak bebek ini, kita bisa memperhitungkan beberapa hal diantaranya adalah; pemahaman mengenai perkandangan, bibit unggul, pakan ternak, pengelolaan & pemasaran hasil.

Di dalam pemeliharaan bebek pedaging ini, peternak sebaiknya memilih jenis bebek jantan, mengapa? karena bebek jantan punya beberapa keunggulan dan keuntungan bila dilihat dari sisi ekonominya. Di mana harga bibit bebek jantan lebih murah jika dibanding harga bibit betina, dari segi pemeliharaan pun bebek jantan punya tingkat pertumbuhan lebih cepat dibandingkan dengan betina sehingga umur 2 sampai 3 bulan pun bobot bebek jenis jantan dapat mencapai berat ukuran 1,5 kg,dan berat seperti ini paling banyak dicari oleh konsumen. Karena daging lebih empuk, gurih, dan tentu saja nilai gizinya lebih tinggi.

Apakah anda sudah siap meraup untung dari budidaya bebek pedaging? jika punya lahan yang cukup, tunggu apa lagi? Selamat beternak.

Like it? Share it!