Peluang Bisnis Kuliner yang Menjanjikan

By | September 17, 2012

Peluang Usaha Kuliner Lalapan Sehat

Peluang Bisnis Kuliner yang MenjanjikanMembuka warung lalapan merupakan bisnis kuliner yang tidak hanya memenuhi kebutuhan makan semata. Tapi di balik makanan yang sederhana dan terjangkau harganya ini memiliki peranan yang cukup besar dalam pemenuhan gizi untuk tubuh kita. Dimanapun tempat, banyak kita temukan warung lalapan, baik di pinggiran jalan atau di area dekat kampus. Lalapan memiliki ciri lauk yang dipadu dengan hijauan sayur dan sambal yang nikmat.

kebanyakan orang sudah tidak asing lagi dengan makanan lalapan ini. Yang menarik biasanya warung lalapan berada di pinggir jalan dengan model lesehan. Aneka lauk yang disajikan untuk lalapan ini juga bermacam-macam. Contohnya saja lalapan pecek lele, lalapan ayam bakar, lalapan pecek tempe, dan masih banyak lagi.

Di Indonesia kebiasaan menyantap lalapan adalah suatu kebiasaan makan sehari-hari yang dilakukan untuk penambah kenikmatan dalam menyantap hidangan makan, baik siang maupun malam. Nikmatnya rasa sambal yang khas, membuat makanan ini sulit dilupakan oleh penikmatnya.

Menjadikan lalapan untuk pelengkap makan masih dalam ruang lingkup yang terbatas, ini dikarenakan tidak semua kalangan menyukainya. Kebanyakan penyuka makanan ini adalah orang Sunda. Tapi, walaupun bukan orang sunda, banyak juga yang suka terhadap makanan nikmat ini. Dibalik fenomena itu, ternyata menyantap lalapan itu banyak manfaatnya. Selain enak dan nikmat, lalapan juga banyak memberikan dampak yang baik bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat dari hijau-hajauan lalapan.

  1. Mentimun: mentimun mempunyai kandungan air sampai 90%, sehingga dapat membantu menghilangkan bakteri di sepanjang usus dan dinding kandung kemih dan juga mampu menghilangkan toksin dan asam urat melalui ginjal. Efek diuretiknya juga dapat memperlancar kencing. Vitamin yang tedapat dalam mentimun juga banyak diantaranya A, B1, B2, C, mineral kalsium, kalium, mangan, dan sulfur.
  2. Kol: kol juga diperkaya vitamin C dan E yang berperan sebagai antioksidan. Bau khas kol yang tajam berasal dari komponen sulfur yang disebut indol. Indol dapat berefek sebagai antikanker terutama mencegah kanker payudara untuk wanita. Jus kol mentah terbukti efektif mengobati sakit maag, radang tenggorokan, dan juga sariawan.
  3. Labu siam: ini juga tak kalah banyak manfaatnya, banyak mengandung air, protein, lemak, kalsium, fosfor, dan besi. Labu siam juga membantu proses penyembuhan gusi berdarah. Selain itu, menyantap labu siam yang dikukus atau direbus bisa menyembuhkan sakit sariawan.
  4. Kemangi: nah kalo yang satu ini kaya akan kandungan minyak atsiri, protein, kalsium, fosfor, besi, dan sulfur. Bau kemangi yang harum dapat juga menghilangkan bau badan. Selain itu juga punya efek menenangkan serta mengeluarkan gas dari dalam perut. Karena itu, kemangi baik dikonsumsi saat susah tidur. Daun kemangi juga bisa mengobati diare, sariawan, dan menghilangkan bau mulut.
  5. Selada keriting: klo yang ini dapat membantu mengurangi resiko kanker, katarak, stroke, anemia, dan meringankan insomnia.

Wah.. buannyaak juga ya.. manfaatnya, di balik rasa nikmatnya.. selain itu peluang usaha kuliner ini juga terbuka lebar dan sangat menjanjikan untuk kita semua.


- - -

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *