Scroll to Top
Peluang Usaha

Peluang Usaha di Surabaya dan Potensi Bisnisnya

Peluang Usaha di Surabaya dan Potensi Bisnisnya

Peluang Usaha di SurabayaTerdapat beberapa kota di wilayah Jawa Timur yang sangat potensial untuk mengembangkan sebuah bisnis atau hanya sekedar mencari peluang kerja. Kota yang sedang berkembang pesat perekonomiannya seperti Malang dan Surabaya merupakan bukti nyata bahwa propinsi ini memang menyimpan banyak potensi di sektor peluang usaha di banyak bidang. Industri dan pendidikan seolah berjalan bersamaan dan turut menjadi motor penggerak bagi wilayah di pulau jawa bagian timur ini.

Seperti halnya di kota pahlawan, iklim peluang bisnis seolah tak pernah surut dari waktu ke waktu. Banyak orang yang telah memanfaatkan potensi peluang usaha di surabaya, namun terkadang banyak pula yang masih bingung, mau usaha apa di kota pahlawan ini?. kita ketahui bersama bahwa kota Surabaya merupakan gerbang perdagangan utama di wilayah Indonesia Timur. Dengan berbagai potensi, fasilitas serta keunggulan geografisnya, Surabaya punya potensi ekonomi yang lumayan besar.

Sebagai kota yang berkembang menjadi pusat perdagangan & jasa, kota pahlawan ini menawarkan banyak kemudahan dan kecepatan akses terutama di bidang transportasi yang telah mampu melayani perjalanan lokal, regional, maupun internasional. Lihat saja seperti Bandara Internasional Juanda, Pelabuhan Tanjung Perak, Terminal Peti Kemas, Terminal Penumpang Purabaya, Stasiun Kereta Api Gubeng & Pasar Turi dan juga jaringan jalan darat yang mampu menghubungkan Surabaya dengan daerah-daerah hinterland di sekitar Surabaya seperti kota Sidoarjo & kabupaten Gresik.

Angka pertumbuhan ekonomi kota Surabaya di tahun 2009 mencapai 5,04 % masih lebih tinggi bila dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi Jawa Timur 5,01 %. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa kinerja ekonomi di kota pahlawan tersebut tetap membaik meski di tengah isu gejolak ekonomi global. Bila dilihat, daya beli masyarakat ini cukup tertolong dengan adanya persaingan antar peluang usaha di surabaya, sehingga masyarakatnya bisa mengkonsumsi barang atau jasa yang lebih murah dibandingkan dengan daerah lainnya.

Kota Surabaya sebernarnya juga sangat menarik bagi dunia perbankan. Ini terbukti karena di Surabaya terdapat banyak bank, mulai dari bank sentral, bank swasta nasional devisa & non devisa, bahkan bank asing pun ada di kota ini. Dalam memberi kemudahan dalam mengurus perijinan bagi investor, pemerintah kota Surabaya sendiri telah memiliki Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA). Ini adalah salah satu bukti keseriusan pemerintah kota Surabaya dalam bidang investasi / penanaman modal.

Pada tahun 2011 lalu Komisi Pemberantasan Korupsi memberikan penghargaan kepada Kota Surabaya sebagai kota terbaik di sektor pelayanan publik. Berdasarkan data dengan jumlah penduduk yang mencapai 2,9 juta jiwa, kota Surabaya merupakan pasar yang sangat potensial untuk membuka peluang usaha. Surabaya juga punya Jumlah tenaga kerja yang cukup banyak, ditambah lagi dengan stabilitas politik serta keamanan yang cukup kondusif menjadikan Surabaya sebagai kota yang layak untuk tempat kita berinvestasi selanjutnya.

Like it? Share it!

Leave A Response