Scroll to Top
Tips Usaha

Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Rumahan Tahun 2017

Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Rumahan

“Bekerja akan mudah jika Anda memiliki visi,
sasaran yang jelas, dan bergairah dengan
apa yang anda lakukan.”

Beberapa orang gagal mengelola bisnis rumahan karena tidak mempersiapkan modal yang cukup dan tidak siap mental. mereka hanya mengharapkan mendapat keuntungan secara cepat dan mudah. Namun, tidak memikirkan hambatan dan resiko yang mungkin akan dihadapi. Hal inilah yang membuat para pebisnis rumahan gagal membawa bisnisnya menuju kesuksesan yang di targetkan sejak awal. Oleh karena itu, dibawah ini akan di paparkan tips sukses mengelola bisnis rumahan.

cara sukses bisnis rumahan

Awali dengan penuh keyakinan. Modal utama yang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan bisnis rumahan adalah tekad dan keyakinan Anda dalam memulai usaha. Adanya keyakinan penuh dapat memotivasi diri Anda untuk mengalahkan rasa takut akan kegagalan bisnis. Keyakinan juga akan membuat anda semakin fokus menjalankan usaha yang ingin anda bangun.

Mulailah dengan passion. Langkah anda menuju kesuksesan adalah menekuni apa yang menjadi passion Anda. Pilih peluang bisnis yang bener-bener Anda cintai. Dengan menekuni bisnis sesuai dengan minat dan bakat anda,secara tidak langsung anda akan mengerjakan semua kegiatan bisnis dengan totalitas penuh. Mulai dari perencanaan bisnis, kegiatan oprasional bisnis, sampai rencana pengembangan bisnis semuanya akan Anda kerjakan dengan tuntas. Jika, Anda tidak menikmati bisnis yang Anda jalankan, bisa dipastikan bisnis tersebut tidak akan bertahan lama dan jauh dari kata sukses.

Tentukan impian yang menjadi tujuan bisnis Anda. seperti halnya menjalani hidup, menjalankan bisnis rumahan juga mengharuskan Anda untuk menentukan tujuan bisnis Anda. Meskipun bisnis Anda dijalankan di rumah, tetapi Anda harus memiliki rencana untuk jangka pendek dan impian jangka panjang yang harus Anda capai. Dengan begitu, Anda akan menjalankan bisnis dengan penuh semangat dan antusias untuk mencapai target-target yang telah Anda tentu-
kan.

Tekun, disiplin, dan pantang menyerah. “Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian.” Istilah tersebut memberitahukan kepada Anda bahwa untuk mencapai suatu kebahagiaan di butuhkan adanya kerja keras terlebih dahulu. Begitu pula dalam memulai bisnis rumahan. Untuk mencapai kesuksesan, kita dituntut untuk bekerja keras dan tekun menjalankan bisnis, disiplin dalam menjalankan oprasional bisnis,serta pantang menyerah dalam menghadapi semua hambatan dan kendala usaha.

Tingkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda. Untuk menghadapi persaingan bisnis yang ketat, sebaiknya tingkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda untuk menunjang pertumbuhan usaha. Bukan hanya pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola usaha saja dibutuhkan,tetapi keterampilan melihat peluang pasar serta pengetahuan untuk menciptakan inovasi baru untuk memenangkan persaingan pasar.

tips sukses usaha rumahan

bangun brand bisnis Anda.Walaupun anda menjalankan bisnis dirumah,bukan berarti bisnis Anda tidak bisa dikelola secara profesional. Mulailah untuk membangun brand bisnis yang baik di mata para konsumen. dengan brand,Anda bisa membuat konsumen mengenal bisnis rumahan yang anda jalankan pada akhirnya, mereka tidak ragu untuk lebih loyal pada produk-produk yang anda pasarkan.

pada bab sebelumnya, telah dijabarkan bagaimana cara mendapatkan mitra bisnis. Namun, menjalankan bisnis rumahan dengan bermitra bersama teman atau kerabat pasri berbeda dengan pasangan anda. bagi anda yang menjalankan bisnis rumahan dengan bermitra besama suami atau istri, berikut ini ada beberapa tips tambahan yang bisa anda jadikan pegangan.

Perlakukan segala gangguan secara sama. Jika pasangan anda ingin pergi berlibur disaat-saat sibuk,cobalah untuk berpikir lagi. bisnis rummahan juga memerlukan keseriusan yang sungguh-sungguh jika ingin sukses. Anda tidak boleh longgar terhadap peraturan ini. Jika anda menolak ajakan liburan oleh anak, anda pun harus menerapkan peraturan ini kepada pasangan sendiri. Jangan sampai salah satu belah pihak merasa di curangi karena peraturan yang tidak diterapkan secara konsisten.

Hilangkan ego. Untuk pekerjaan apapun, anda perlu sedikit mengurangi rasa egois. jika ingin sukses,anda harus berani menerima kritik dan saran dari pasangan. sama seperti jika anda mendapatkan penilaian dari rekan kerja dan Bos di kantor.Jika anda merasa gengsi menerima nasihat dari istri atau suami, sama saja anda memberikan hambatan kepada kesuksesan anda sendiri. sebab, salah satu kunci kesuksesan adalah mau terus memperbaiki diri.terimalah kenyataan jika pasangan lebih memiliki talenta dari pada anda. Berikan lah pujian dan motivasi kepada pasangan anda.

perjelas pembagian tugas masing-masing. pembagian tugas yang baik antara pasangan bisa meningkatkan efisiensi dan produktifitas bisnis Anda.Sebagai contoh, bagilah tugas siapa yang memegang bagian keuangan, siapa yang memantau produksi, atau siapa yang berhadapan dengan pelanggan.Dengan deskripsi kerja yang jelas, konflik pun bisa di kurangi.

tips usaha rumahan yang sukses

Bagi dan ciptakan solusi dalam masalah. Jika terjadi masalah, pecahlah masalah ini menjadi bagian- bagian kecil, kemudian bagi lah tugas siapa yang akan memecahkan masalah tersebut sesuai dengan keahlian masing-masing. namun, perlu di tkankan bahwa anda harus mempercayai pasangan anda dalam memecahkan masalah ini. Kurangnya rasa percaya akan menimbulkan konflik internal yang akan mempengaruhi ketenangan keluarga.

Pisahkan meja kerja. anda dengan pasangan memiliki tugas yang berbeda. oleh karena itu, meja kerja pun sebisa mungkin di pisah sehingga pekerjaan yang satu tidak bercampur dengan yang lain.Pengorganisasian data dan dokumen yang tidak rapi baik dirumah maupun di kantor akan menyebabkan kekacauan.

Disiplin. Walaupun anda bekerja di rumah, harus tetap disiplin dalam mengerjakan tugas-tugas seperti layaknya di kantor. Bukan berarti karena anda di rumah, anda bisa seenaknya bersantai. Anda bisa berbisnis dengan bersantai-santai,tetapi apakah hasilnya akan maksimal? Anda sendiri yang bisa menjawabnya.

Saling menghargai. jika pasangan anda mencapai suatu prestasi yang bagus,jangan segan untuk memberikan pujian.Pujian sangat penting untuk meningkatkan semangat kerja baik terhadap karyawan maupun dalam hubungan keluarga.Sekali-kali berikanlah hadiah kepada pasangan anda atas berhasilnya suatu pekerjaan yang ia lakukan.

membagi tugas rumahan. Jika pasangan anda memiliki tugas rumah seperti tugas menjaga anak dan membersihkan rumah,berusahalah untuk mengurangi beban kerja bisnis pasangan anda. Intinya adalah adanya pengertian untuk saling membantu satu sama lain. Jangan sampai pasangan merasa di perbudak dengan dengan kerjaan bisnis dan pekerjaan rumah yang saling memanggil.

Kunci kesuksesan bisnis rumahan sebenarnya ada di tangan anda. oleh karena itu, yakinlah diri anda untuk memulainya dengan niat dan tekad yang kuat. pastikan bisnis rumahan anda dikelola secara profesional agar hasil yang diperoleh juga bisa maksimal.itulah beberapa informasi seputar cara mengelola bisnis rumahan agar bisnis bisa berhasil. Semoga tips tersebut bermanfaat bagi anda yang akan memulai bisnis rumahan. semoga sukses! Simak juga Tips Usaha Jasa penjahit Pakaian. Semoga bermanfaat.

Like it? Share it!

Leave A Response