Cara Sederhana Memulai Bisnis Rumahan Agar Untung Lebih Cepat

Jenis Usaha Modal Kecil
By | August 13, 2012

Cara Sederhana Memulai Bisnis Rumahan Agar Untung Lebih Cepat

Cara Sederhana Memulai Bisnis Rumahan Agar Untung Lebih CepatContoh kesalahan paling fatal dilakukan oleh para pelaku usaha rumahan yang baru memulai adalah mencoba melakukan semuanya dari awal. Cara gampang dan paling cepat untuk menjadikan usaha kita berkembang adalah dengan menemukan orang lain yang telah melakukan apa yang kita ingin lakukan. Kemudian belajar dan memanfaatkan bisnis mereka. Ternyata tidak sedikit pengusaha baru masih mempunyai pola pikir karyawan. Pola pikir ini maksudnya mereka harus bekerja tanpa kenal lelah dan mengerjakan semua sendirian.

Mereka belum mengembangkan pola pikir pengusaha yang mengerti bahwa kita harus bekerja lebih cerdas dan bukannya lebih keras. Masalah lain yang menghabiskan banyak waktu para wirausaha baru adalah sering menghabiskan berjam-jam, hingga berhari-hari, mencoba untuk mendesain sebuah logo yang sempurna. Bagaimana jika kita memberikan proyek tersebut kepada desainer logo. Dan dapat dipastikan kita kan segera memiliki sebuah logo baru yang menarik perhatian dan efektif dalam waktu 24 jam.

Jika kita memaksa untuk menghabiskan berjam-jam atau bahkan berhari-hari hanya untuk logo, itu adalah sebuah kesalahan yang mahal. Kita harus menghabiskan waktu yang begitu lama untuk bekerja dalam kapasitas dukungan sehingga kita tidak mengetahui bagaimana melakukan perubahan menuju kapasitas pemimpin dan mendelegasikan tugas tersebut. Yang lebih penting dan yang harus kita sadari adalah mempunyai sebuah logo jauh berada di peringkat bawah dalam daftar prioritas dan bahkan dirasa tidak perlu untuk dipertimbangkan selama periode awal usaha.

Ketika kita memulai usaha, pertimbangkan tugas-tugas berikut ini dan tanyakan kepada diri kita, jika orang lain dapat melakukan semua tugas itu sementara kita fokus pada kegiatan untuk membangun bisnis

  • Mendesain brosur dan bahan-bahan pemasaran
  • Membuat situs sendiri
  • Membuat pesan suara dan surat elektronik
  • Membeli persediaan dan peralatan
  • Mengisi amplop dan mengirim ke kantor pos, atau mengantarkan pamflet
  • Melakukan riset pasar
  • Memasang komputer, modem, mesin fax baru Anda dan menginstal piranti lunaknya
  • Memperbaiki permasalahan komputer
  • Menulis artikel, laporan, atau di kertas

Kegiatan diatas bukanlah kegiatan yang menghasilkan pendapatan dan jika kita merasa kegiatan tersebut mmenghabiskan waktu saja, limpahkan semua itu kepada orang lain, misalnya menyerakan kepada pekerja lepas atau freelance.

Hal lainnya yang tidak perlu ciptakan kita kembali dari awal adalah proses, terutama dalam wilayah pemasaran. Pemasaran mungkin bukan kelebihan kita, namun hal tersebut merupak elemen paling penting dalam bisnis dan pemasaran adalah sesuatu yang membuat banyak palaku bisnis rumahan baru lainnya merasa kewalahan. Kita tidak harus mengembangkan proses pemasaran dengan cara coba-coba. Habiskan beberapa hari hanya untuk mempelajari bisnis lainnya baik di dalam dan di luar.

Cara gampang dan cepat untuk membuat serangkaian proses menuju kemenangan adalah dengan mempelajari usaha-usaha yang sudah sukses dan berhasil, lalu meniru apa yang mereka lakukan. Cobalah menjadi klien mereka dan mintalah informasi lebih rinci. Biarkan mereka memulai merayu dan perhatikan apa yang mereka lakukan. Belilah satu atau dua produk dan lihatlah alat apa yang mereka gunakan untuk mengundang kita kembali. Hal ini bukan berarti Anda harus meniru setiap kata atau tindakan mereka, tetapi modifikasi hal apa saja yang berhasil, tuangkan ke dalam bisnis kita dan tambahkan bahan keunikan penting yang memungkinkan untuk berbeda dari orang lain.

Berikut Ringkasan dari tulisan diatas, cara sederhana yang dapat kita lakukan untuk menuju keberhasilan bisnis rumahan dengan lebih cepat.

  1. Bongkar apa yang telah dibuat atau dibangun, lalu kerjakan. Jangan membuat kembali apa yang sudah ada.
  2. Berpikirlah seperti seorang pengusaha, bukan karyawan. Pekerjakan orang lain.
  3. Contohlah proses yang dilakukan bisnis lainnya yang telah mencapai tingkat keberhasilan yang kita idamkan. Mereka sudah melakukan kesalahan-kesalahan untuk kita dan ketahui apa yang membawa kesuksesan.

Lakukan strategi-strategi itu, hasilnya kita akan menghemat banyak waktu dan uang dalam proses memulai bisnis rumahan.


- - - PELUANG USAHA BARU

One thought on “Cara Sederhana Memulai Bisnis Rumahan Agar Untung Lebih Cepat

  1. pramesty

    Saya seorang pelaku usaha yang selama ini bekerja secara keras bukan bekerja secara cerdas, setelah membaca artikel ini saya baru menyadari bahwa saya membuang waktu saya percuma untu menunggu sebuah usaha yang sudah berjalan dengan baik.daripada saya nunggu lebih baik cari peluang usahs lain yang bisa saya kerjakan dan mempercayakan usaha yang sudsh jalan tadi ke karyawan:-):-):-):-)

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *