5 Cara Agar Peluang Usaha Kuliner Semakin Diminati

Jenis Usaha Modal Kecil
By | June 26, 2013

Bisnis makanan saat ini tetap menjadi nomor satu. Hal tersebut dikarenakan modal untuk membuka usaha ini relatif kecil, memerlukan sedikit tenaga kerja, dan perputaran uang yang sangat cepat. Tetapi ada beberapa faktor yang memengaruhi maju atau tidaknya sebuah peluang usaha kuliner. Strategy and marketing consulting firm bernama Dr Handito Joewono dari Arrbeys, meberikan tips cara supaya bisnis kuliner semakin banyak yang menyukai, antara lain sebagai berikut

1. Yang membuat pelanggan datang adalah kualitas makanan. Hal ini berkaitan dengan rasa dan bahan baku makanan. Kualitas makanan lebih kepada enak-tidaknya makanan, dan penggunaan bahan baku. Makanan tidak sekadar enak, tapi keamanan dan kenyamanan saat bersantap juga diperhatikan. Misalnya, dengan memperhitungkan faktor kesehatan makanan yang dibuat.
5 Cara Agar Peluang Usaha Kuliner Semakin Diminati
2. Tentang tempat. Dalam ilmu standarnya, tempat harus strategis. Tetapi belakangan, tempat tidak begitu menjadi elemen penting. Karena ada beberapa usaha rumah makan, walaupun tempatnya tidak strategis, tetap dicari orang.

3. Persepsi. Persepsi ini sangat penting, terutama bagi yang baru membuka usaha kuliner. Persepsi bisa muncul dari penggunaan simbol-simbol, baik dalam tampilan eksterior maupun interior ruangan. Selain itu, persepsi juga dibangun dari bagaimana cara mengemas makanan, atau bagaimana melayani konsumen. Persepsi inilah yang kemudian akan selalu diingat orang tentang sebuah tempat makan.

4. Promosi. Cara untuk promosi saat ini macam-macam. Lewat internet, penyebaran brosur, pemasangan spanduk, billboard, dan lainnya bisa menjadi media promosi. Yang utama promosi ada dua, yaitu lewat media massa dan meminjam lidah konsumen. Memakai lidah konsumen inilah, promosi yang paling efektif.

5. Jika usaha sudah berkembang besar, sudah punya cabang dimana-mana,yang harus dipenuhi adalah mempunyai standard operational procedure (SOP). Baik untuk kuliner yang diwaralabakan, maupun yang tidak. Tentu saja dengan memakai SOP yang sama, antara resto satu dengan resto lainnya yang bernaung di bawah nama dan manajemen yang sama, bentuk pelayanannya juga sama. Baik dalam soal pilihan menu makanan yang dibuat, penyajiannya, hingga cara melayani konsumen.


- - - PELUANG USAHA BARU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *