Jasa Jahitan Baju & Cara Memulai Peluang Usaha ini

By | July 27, 2012

Analisa Peluang Usaha Jasa Jahit Pakaian Jeans, Tas, kebaya dan Sebagainya

Cara memulai peluang usaha jasa jahitan baju Pakaian Jeans Tas kebaya – analisa bisnisSalah satu contoh jasa jahitan yang usdah sukses adalah Soni Tailor yang didirikan oleh H Arsuni Asmuni. Usaha ini telah hadir sejak tahun 1972 dan waktu itu masih berupa home industry. Ditahun itu modal peluang usaha ini kisaran cuma Rp1.000.000. Sejak berdiri hingga sekarang, Sony Tailor menjahit pakaian khusus pria. Beberapa tahun kemudian, untuk memenuhi permintaan pelanggan, didirikan cabang yang khusus melayani jahitan pakaian wanita, entah itu jeans, tas, kebaya dan lainnya.

Sony Tailor melayani berbagai jenis jahitan. Antara lain Pakaian Dinas Harian, Pakaian Dinas Lapangan, Pakaian Dinas Upacara, dan kemeja batik. Sementara biaya jasa jahit, untuk setelan jas minimal Rp700.000 perpasangnya. Sedangkan kalau membeli bahan yang disediakan Sony Taylor, minimal biayanya Rp800.000. Dalam sehari, Sony Taylor bisa melayani sekira 15 pesanan, terdiri kemeja maupun setelan jas. Dalam waktu sebulan bisa ada 500 pesanan.

Nah, untuk cara memulai bisnis ini ikuti Langkah-langkah persiapannya sebagai berikut

1. Langkah awal yang kita butuhkan adalah sejumlah uang untuk modal pembelian alat-alat menjahit.

2. Menyebarluaskan keberadaan usaha ini kepada sebanyak-banyaknya orang dalam segmen yang akan di jadikan target. Contohnya jika berniat membuat pakaian untuk remaja, maka kita bisa mengiklankan lewat media facebook atau twitter yang banyak disukai anak-anak muda.

3. Mempunyai keahlian menjahit yang baik sangat berperan penting dalam bidang usaha ini. Dengan menguasai ini, kita akan dapat lebih baik dalam mengetahui kualitas produk atau kualitas pekerjaan karyawan.

4. Berusaha menjadi kreatif dengan segala cara. Dunia mode berubah setiap waktu dan tidak ada alasan bagi kita untuk berpuas diri dengan pengetahuan yang sudah didapat sekarang. Rajinlah membaca dan mengikuti perkembangan dunia mode dan tata busana agar pakaian-pakaian yang dijahit nantinya tidak terlihat ketinggalan jaman. Pengetahuan yang luas akan dunia mode juga akan memberikan kemampuan untuk memberikan saran bagi pelanggan yang hendak menjahitkan bajunya. Hasilnya kredibilitas si penjahit otomatis akan terangkat.

5. Bersikaplah sabar, teliti dan tekun. Dalam hal apapun, Bersikap sabar dan tekun merupakan keharusan. Dalam menghadapi permintaan pelanggan yang mungkin sulit untuk penuhi. Ketelitian juga diperlukan saat proses fitting. Kita seyogyanya meneliti mutu hasil jahitan agar pelanggan tidak kecewa. Karena kekecewaan apalagi yang terjadi berulang kali, hanya akan membuat pelanggan beralih ke penjahit lain.

6. Usahakan mengetahui cara dan jalur untuk mendapatkan barang-barang dan peralatan yang dibutuhkan oleh proses produksi agar tidak tersendat di kemudian hari. Temukan penyuplai barang-barang yang bersedia memberikan harga yang relatif lebih murah namun dengan kualitas yang setara dengan pasar.


- - -

One thought on “Jasa Jahitan Baju & Cara Memulai Peluang Usaha ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *