Scroll to Top
Beternak & Budidaya

Budidaya Durian Bawor dan Apakah Usaha Bertanam ini Menjanjikan?

Potensi Peluang Usaha Budidaya Durian Bawor

Budidaya Durian BaworDurian Bawor adalah durian montong orange yang punya batang yang disambung langsung dengan tanaman durian lain yang menjadi “kaki baru” dengan bermacam tujuan, yang salah satunya yaitu untuk menambah cepat pertumbuhan tanaman karena serapan unsur hara yang lebih banyak.

Keunggulan dalam budidaya durian bawor adalah:

- Cocok ditanam di dataran rendah (6-600 mdpl)
– Tidak mudah roboh dengan tambahan kaki baru
– Buah berasal dari induk karena berasal dari bibit vegetatif
– Punya nilai seni
– Bisa untuk tanaman pencegah banjir maupun tanah longsor
– Mempertahankan cadangan muka air
– Upaya penyelamatan lingkungan terhadap pengaruh iklim global

Cara tanam & perawatan durian bawor

- Siapkan lubang tanam minimal 60cm x 60cm x 60cm
– Campurkan pupuk kandang pada media tanam (yang telah dicampur dengan gilo 1 pak per 30 kg pupuk kandang) & tanah dengan perbandingan 1:2
– Jarak tanam yang ideal adalah lebih dari 8m x 8m
– Pemupukan 3 sampai 4 kali setahun
– Perawatan yang lebih intensif akan mempercepat dalam proses pembuahan

Pengaturan pembuahan Budidaya Duren Bawor
Pada umumnya di wilayah Jawa durian akan berbuah di bulan November-februari. Pengaturan buah yang kontinyu atau tak putus merupakan suatu hal yang sangat mungkin terjadi jika segala kebutuhan tanaman tercukupi dengan baik sehingga tanaman akan berbuah sepanjang tahun. Pengaturan yang bisa dilakukan yakni dengan cara pengaturan membuat blok-blok tanaman dengan dosis pupuk dan waktu yang berbeda sesuai tahapan sehingga efek pemupukan akan berlangsung terus –menerus di antara blok-blok tanaman yang diperlukan.

Penyerbukan Durian Bawor
Dikarenakan faktor bunga dari jenis yang sama akan berbunga pada waktu yang bersamaan, maka untuk memaksimalkan terjadinya penyerbukan sebaiknya dalam satu areal penanaman tak hanya satu varietas saja, tapi penanman dicampur dengan varietas yang lain.

Perbedaan durian bawor dengan durian jenis lain
Durian bawor punya ukuran besar, dengan berat buah mencapai 8-15 kg dengan rasa yang sangat manis, daging buah juga tebal namun dengan biji yang tipis. Usia untuk pohon durian bawor ini bisa 3,5 hingga 4 tahun. Dibanding durian lain durian bawor memang punya bobot yang lebih berat. Akan sangat jauh sekali jika dibanding dengan durian lokal yang punya berat hanya 3,5 sampai 6 kg saja.

Perkiraan hasil panen pertama
Untuk proses tanam skala rumah tangga, kita bisa memanfaatkan pekarangan rumah. Lahan yang diperlukan adalah lahan berukuran luas lahan 10 m². Dengan lahan seluas itu, dibutuhkan 1 sampai 2 bibit pohon. Dengan produksi kurang lebih 30 buah x 2 pohon=60 buah. Dengan asumsi bobot minimal 6 kg per buah dan harga buah Rp30.000 per kg akan menghasilkan Rp10.800.000 saat panen. Jika punya lahan 10 m² di sekitar rumah, tak ada salahnya untuk mencoba budidaya durian bawor.

Peluang Usaha Budidaya buah ini
permintaan dan harga durian tergolong tinggi, karena memberikan keuntungan menggiurkan bagi siapa saja yang membudidayakannya. Sehingga bertanam durian merupakan sebuah prospek usaha agribisnis yang bagus kedepannya. Cara bertanam durian bawor yang baik adalah syarat untuk menuju sukses.

Like it? Share it!

Leave A Response