Scroll to Top
Peluang Usaha

Bisnis Jasa Rumahan, Coba Macam Peluang Usaha ini

Cari Bisnis Jasa Rumahan, Coba Usaha Potong Rambut

Bisnis Jasa RumahanMeski peluang bisnis rumahan potong rambut modalnya tak begitu besar namum penghasilannya bisa dibilang relatif tetap. Pelanggan potong rambut biasanya mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa bahkan sampai orang tua. Namun selera mereka tentu berbeda-beda. Pada umumnya orang tua lebih suka rambut yang pendek dan rapi. Berbeda dengan anak muda yang lebih suka potong rambut seperti idola mereka atau yang lagi tren saat ini.

Para remaja biasanya lebih suka model “ Mohawk “, karena model ini cocok untuk semua postur tubuh pria. Namun, ada juga yang suka model “ Spiky “, model ini cocok untuk remaja pria yang berpostur tubuh pendek. Bentuk rambutnya berdiri, biasanya sering digemari oleh beberapa aktor.

Proses dalam potong rambut sangatlah sederhana. Pelanggan sebelumnya dipasang kain / celemek supaya rambut hasil potongan tidak menempel di kain. Setelah itu rambut diusahakan tidak dalam posisi kering. Caranya adalah rambut diperciki dengan sedikit air. Hal ini dimkasudkan agar rambut yang dipotong tidak kemana-mana. Namun, rambut juga tak boleh dalam kondisi terlalu basah. Karena kalau basah, seperti habis keramas, rambut akan sulit dipotong.

Setelah itu konsumen ditanya mau model rambut seperti apa. Jika proses potong rambut hampir selesai, pelanggan ditanya potongan rambutnya kurang apa, apakah kurang pendek atau kurang rapi. Yang pasti, polanya harus kelihatan dulu, baru kemudian ditanya. Selanjutnya sisa rambut yang menempel di pakaian dibersihkan dan pelanggan dibedaki. Tujuan pelanggan dibedaki adalah untuk menjatuhkan rambut yang lengket, karena sisa rambut yang menempel di badan jika langsung disikat tidak bisa langsung jatuh.

Ruang Usaha & Peralatan
Alat-alat yang dibutuhkan dalam bisnis jasa rumahan ini tidaklah banyak dan mudah didapat. Yaitu alat cukur beserta perlengkapan potong rambut lainnya. Alat-alat tersebut adalah: clipper, yaitu mesin kecil untuk memotong rambut, sisir potong, pisau cukur, handuk, kap potong, sikat rambut, semprotan air, sisir vidal, kuas muka, gunting pendek, gunting zig zag serta penyemprot untuk memerciki rambut konsumen. Harga mesin potong rambutnya bervariasi, berkisar antara Rp 350 sampai Rp 750 ribu.

Mungkin yang paling mahal adalah bikinan amerika, mesinnya pun ringan, kecil namun awet. Sedang untuk sisir harganya berkisar 15 ribu. Untuk gunting harga barangnya antara Rp 50 sampai Rp 150 ribu. Biasanya yang banyak dipilih adalah buatan Jerman. Untuk perlengkapan bisnis jasa rumahan potong rambut ini, yang dibutuhkan adalah kursi pangkas, kaca, meja berlaci, kipas angin serta lampu pangakas. Untuk ruang usaha, luas ruang usaha yang dibutuhkan yakni minimum 5 m x 8 m. Kebutuhan ruangannya meliputi ruang tunggu, ruang potong, ruang cuci rambut serta ruang administrasi bila perlu.

Like it? Share it!

Leave A Response